Masyarakat Desa Datar Macang Geram Lantaran Tidak Masuk Dalam Daftar Pemilih Tetap

 

Bintang.Media Bengkulu Utara – Salah satu masyarakat desa Datar macang Kec. Air besi Kab. Bengkulu Utara geram lantaran tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).
Menurut salah satu warga desa saat di temui awak media Bintang.Media di kediamannya Selasa 28/6/2022.

Di desa Datar macang ini banyak masyarakat yang tidak bisa memilih lantaran tidak masuk dalam DPT, hal tersebut membuat masyarakat desa mempertanyakan permasalahan ini ke pihak PPKD perihal DPT dan jawaban dari pihak PPKD mengenai hal tersebut adalah “yang berhak memilih kepala desa adalah orang yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)”, ini membuat warga desa Datar macang tidak bisa memilih kepala desa yang mereka dukung.

“Iya yang memilih itu yang terdaftar di DPT dan berdomisili di desa setempat, jika tidak maka tidak bisa memilih kepala desa, walaupun penduduk asli desa tersebut” ujar salah satu masyarakat yang menyampaikan pernyataan ketua PPKD.

Dilain tempat awak media juga mengkonfirmasikan langsung ke Ketua PPKD desa Datar macang saat di temui di kantor dan menanyakan tentang keluhan masyarakat persoalan DPT.

Ketua PPKD menyampaikan bahwa pemilih itu adalah warga desa yang terdaftar di DPT dan berdomisili di desa setempat kalau tidak terdaftar maka tidak bisa memilih meskipun KK dan KTP nya asli desa setempat.
Menurut ketua PPKD yang berhak memilih itu adalah warga yang berdomisili di desa setempat minimal enam bulan sebelum pemilihan kepala desa, walaupun KTP nya bukan KTP desa itu dia berhak memili yang penting masuk dalam daftar pemilihan.

“Betul pak walau KK dan KTP nya desa ini dan tinggal disini kalau tidak ada di daftar pemilih dia tetap tidak bisa memilih” ujar ketua PPKD.

Kembali ketua PPKD menyampaikan.
” Walaupun KTP dan KK nya bukan desa setempat dia bole memilih, jika dia terdaftar di DPT dan berdomisili di desa setempat,
buktinya saya sendiri KTP dan KK saya desa Sawang lebar, saya bisa memilih disini karena saya berdomisili di desa ini, bahkan saat ini saya terpilih jadi ketua PPKD desa Datar macang” tutup Ketua PPKD

Di dalam Perbub No 11 yang menggantikan Perbub No 5,
berisikan bahwa, masyarakat yang berhak memili itu adalah yang berdomisili di desa setempat sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sebelum di sahkan di DPS yang di buktikan dengan kartu tanda penduduk atau surat keterangan penduduk.

Redaksi :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peresmian Kantor Bank Mandiri Taspen KCP Arga Makmur

Bintang.Media Argamakmur – Bank Mandiri Taspen KCP Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu, Bengkulu, akan terus berkomitmen memberikan ...