Baru Dibangun, Proyek Tumpang Tindih di Desa Talang Ginting Sudah Rusak

 

Bintang.Media Bengkulu Utara – Kegiatan pembangunan rabat beton di Desa Talang Ginting Kecamatan Air Besi Bengkulu Utara tahun anggaran 2020 diduga kuat tidak sesuai spesifikasi. Buktinya, baru saja dibangun, jalan rabat beton yang menelan anggaran lebih kurang 200 juta dari dana desa tersebut kondisinya kini sudah rusak parah.

“Seperti inilah kondisi jalan rabat beton yang dibangun di desa kami, diduga ketebalannya tidak sesuai. Kini batu koral sebagian sudah berserakan,” ujar salah seorang warga kepada wartawan bintang.media, Selasa (14/6/2022).

Fakta lain juga terungkap, ternyata proyek pembangunan rabat beton ini tumpang tindih dengan kegiatan sebelumnya. Di lokasi yang sama, pada pencairan Dana Desa tahap pertama tahun 2020 dianggarkan kegiatan pembukaan badan jalan. Namun di tahun itu juga, pada lokasi yang sama, pada pencairan dana desa tahap kedua kembali dianggarkan untuk pembangunan rabat beton. Badan jalan yang dibuka pada tahap pertama dengan lebar 3 meter dan panjang 2 km dana Rp 100 juta lebih. Lalu dilanjutkan pembangunan rabat beton lebar 2 meter, panjang 600 meter dengan dana Rp 200 juta lebih.

Kondisi ini tentu saja tidak sesuai dengan arah kebijakan pemerintah pusat yang mengharuskan pembangunan yang bersumber dari dana desa harus dilakukan dengan sistem tata kelola yang efektif, efisien dan akuntabel. Kosekuensinya bisa saja mengarah kepada tindak pidana korupsi.

Ketika dikonfirmasi, Kades Talang Ginting tidak memberikan komentar apapun. Pesan WhatsApp yang dikirimkan wartawan hanya dibaca, tanpa direspon sedikitpun. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Ikuti Senam Dalam Rangkah HUT PGRI ke 77 Dan HGN ke 28 Di Kecamatan Kerkap BU

Bintang.MediaArgamakmur – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, menghadiri kegiatan Hari Guru ...