Kepala PAUD Desa Lubuk Balam Akui Hampir 2 Tahun Tidak Digaji

 

BINTANG.MEDIA BENGKULU UTARA – Dua orang guru PAUD Desa Lubuk Balam (PAUD Cendrawasih) tidak menerima gaji selama hampir 2 tahun dari desa. Salah satu guru honor tersebut ternyata kepala PAUD itu sendiri. Hal ini diakui sang kepsek kepada wartawan bintang media, Senin (13/6/2022).

“Benar adanya pernyataan dari berita ini pak. Saya dan teman saya satu lagi yang dari Kertapati memang tidak digaji oleh Kades Lubuk Balam. Dia (Kades,red) Cuma mengatakan tanpa tertulis bahwa ia menganggarkan gaji hanya untuk 2 orang yang ia masukkan saja,” tulis Kepala PAUD Cendrawasih melalui pesan WA kepada wartawan bintang media.

Seperti diberitakan sebelumnya, 2 orang guru PAUD Desa Lubuk Balam sudah hampir 2 tahun tidak menerima gaji. Menurut keterangan salah seorang guru PAUD kepada wartawan media ini, sejak Kepala Desa Lubuk Balam dijabat Sarkawi, honor mereka hanya dibayarkan 3 bulan di awal Sarkawi menjabat Kades. Setelah itu hingga sekarang belum dibayar lagi.

“Awal pak Sarkawi jadi kades honor kami dibayar 3 bulan sebesar Rp 450 ribu. Setelah itu tidak pernah lagi pak,” ungkap sumber yang minta identitasnya dirahasiakan ini.

Ia menjelaskan, jumlah guru PAUD di Desa Lubuk Balam ada 4 orang. Terdiri dari 2 orang guru lama dan 2 orang lagi guru baru yang merupakan penambahan semenjak Kades dijabat Sarkawi. Untuk 2 orang guru penambahan di masa jabatan Kades Sarkawi, honornya dibayarkan. Sementara ia dan rekannya yang lebih dulu mengabdi tidak.

Meskipun selama ini tidak mendapat honor, namun ia dan rekannya tetap bertahan mengajar sebab mereka sudah berjuang mengurus PAUD hingga terakreditasi ke Dispendik. “Jadi sayang pak kalau kami tinggalkan. Sebab yang mengurus PAUD ke atas hingga terakreditasi dulu kami,” imbuhnya.

Dia melanjutnya, honor guru PAUD sebenarnya sudah dianggarkan dari dana desa. Jumlahnya Rp 300 ribu per bulan. Hal ini juga menurut dia sudah pernah disampaikan Bupati Mian dan juga pihak dispendik.

Kades Lubuk Balam, Sarkawi ketika dikonfirmasi terkait belum dibayarkannya honor guru PAUD ini tidak memberi komentar apapun. Pesan singkat yang kirimkan wartawan ke WA yang bersangkutan belum mendapat respon sedikitpun. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peresmian Kantor Bank Mandiri Taspen KCP Arga Makmur

Bintang.Media Argamakmur – Bank Mandiri Taspen KCP Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu, Bengkulu, akan terus berkomitmen memberikan ...