Masyarakat Pertanyakan Dana BUMDES, dan Pembangunan Pembuatan Badan jalan Desa Kertapati.

 

Bintang.Media Bengkulu Utara-Kegiatan pembukaan badan jalan Desa Kertapati Kecamatan Air Besi Bengkulu Utara menuai sorotan banyak pihak. Pasalnya pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2022 ini dinilai oleh masyarakat rawan terjadi penyimpangan.

Data dihimpun media ini, indikasi tersebut terlihat dari tidak adanya transparansi dalam pelaksanaan kegiatan. Hal ini di sampaikan langsung oleh masyarakat dengan wartawan media ini
Bahwa papan nama proyek atau papan merek pekerjaan di lokasi kegiatan. Sehingga masyarakat tidak bisa mengetahui secara pasti berapa volume kegiatan, berapa anggaran, waktu pelaksanaan dan informasi-informasi lainnya yang terkait dengan pekerjaan.

Selain itu juga masyarakat kuat menduga ada di salah satu titik jalan yang dikerjakan tumpang tindih dengan pekerjaan tahun 2020.

Masyarakat juga menyampaikan bahwa BUMDES desa setempat mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 50 juta yang dikelola untuk simpan pinjam.

Kepala Desa Kertapati setelah dikonfirmasi lewat seluler membenarkan desanya ada kegiatan membuat badan jalan dengan menggunakan dana desa. Ia juga membenarkan BUMDES di desa setempat mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta.

“Betul desa kita memang melaksanakan pembuatan badan jalan dengan menggunakan dana desa tahun ini 2022,” jelas kades.

“Kalau tumpang tindih tidak ada pak, yang ada jalan lama itu ada tanjakan tinggi sehingga masyarakat mengusulkan untuk dipangkas atau diratakan,” ujar kades menambahkan.

Di lain sisi Direktur BUMDES Desa Kertapati Zen, menyampaikan seputaran dana bantuan di BUMDES sebesar Rp 50 juta itu memang ada dan dia sendiri yang mencairkannya bersama bendahara.

” Ya pak betul itu dulu lebih kurang 3 tahun yang lalu memang ada bantuan, dana itu di pinjam oleh masyarakat. Tapi sampai kini saya tidak perna ada laporan dari bendahara, apa uang itu belum dibayar oleh masyarakat atau belum saya tidak tau,” pungkasnya.

Redaksi :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Ikuti Senam Dalam Rangkah HUT PGRI ke 77 Dan HGN ke 28 Di Kecamatan Kerkap BU

Bintang.MediaArgamakmur – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, menghadiri kegiatan Hari Guru ...