Diduga Terjadi Kecurangan Dalam Proses Pendaftaran Balon Kades Karang Anyar 2

 

BINTANG.MEDIA BENGKULU UTARA – Proses pendaftaran bakal calon (Balon) Kades Karang Anyar 2 Kecamatan Arga Makmur Bengkulu Utara yang berlangsung beberapa waktu lalu hingga kini masih menyisakan masalah. Pasalnya salah satu balon kades yakni Irwan Yudi masih menyatakan keberatan atas diterimanya berkas pendaftaran atas nama Harnasion oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Irwan menceritakan, awal mulanya berkas pendaftaran atas nama Harnasion tidak diterima oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Karang Anyar 2 dengan alasan sudah melewati batas waktu. Atas hal ini, Harnasion mengajukan nota keberatan kepada PPKD. Menindaklanjuti Nota keberatan ini, Panitia Pemilihan Kabupaten memanggil PPKD dan Harnasion untuk dimintai keterangan. Selanjutnya setelah dilakukan rapat koordinasi pada tanggal 23 Mei 2022, panitia pemilihan kabupaten menyatakan menolak nota keberatan yang disampaikan Harnasion atau berkas pendaftaran tetap ditolak.

Selanjutnya Harnasion melayangkan nota keberatan kedua. Dan hasil telaah pihak DPMD, keluarlah keputusan menerima nota keberatan dari Harnasion dengan beberapa pertimbangan. Atas diterimanya nota keberatan ini, berkas perndaftaran Harnasion dinyatakan bisa diterima.

Namun sejumlah balon kades menilai ada kecurangan dalam keluarnya keputusan DPMD atas nota keberatan kedua ini. Salah satunya yakni pada poin 2 yang menyebutkan “Bahwa berdasarkan tanda terima berkas bakal calon kepala desa Karang Anyar 2 sebagaimana terlampir, secara administratif sudah memenuhi ketentuan pasal 49 Peraturan Bupati Bengkulu Utara Nomor 5 tahun 2022”.

“Nah pertanyaan kami sekarang adalah, kapan dan dimana tanda terima tersebut diberikan. Sebab sesuai perbup, seharusnya tanda terima diberikan jika berkas sudah diverifikasi dan dinyatakan lengkap oleh PPKD. Sementara berkas tersebut belum diverifikasi sebab dari awal sudah ditolak,” ungkap Irwan.

Lebih jauh Irwan mengungkapkan salah seorang balon kades lainnya juga sempat mempertanyakan hal ini kepada PPKD. Dan alasan pihak panitia saat itu, mengingat waktu yang sudah mepet maka oleh panitia penerima berkas segera dibuatkan berita acara penerimaan berkas. Setelah berkas dinyatakan ditolak dan berkas dikembalikan kepada Harnasion, tanpa sengaja berita acara tanda terima berkas itu itu terselip.

“Tapi itukan alasan mereka (panitia, red). Yang pasti sejauh ini kita menilai hal itu sampai terjadi karena ada unsur permainan dari oknum-oknum tertentu. Oleh sebab itu kita berharap kawan-kawan pers dan LSM untuk membantu mengungkap permasalahan ini ke publik agar ada dugaan kecurangan ini bisa ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Redaks :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Ikuti Senam Dalam Rangkah HUT PGRI ke 77 Dan HGN ke 28 Di Kecamatan Kerkap BU

Bintang.MediaArgamakmur – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, menghadiri kegiatan Hari Guru ...