Pamsimas Desa Tambak Rejo BU Tahun 2020, Belum Tuntas

 

BINTANG.MEDIA, Bengkulu Utara- Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Program PAMSIMAS I (2008-2012) dan PAMSIMAS II (2013-2015), telah berhasil menambah akses air minum aman bagi 10,4 juta jiwa dan akses sanitasi layak bagi 10,4 juta jiwa di lebih dari 12.000 desa/kelurahan yang tersebar di 233 kabupaten/kota di 32 provinsi di Indonesia.

Saat ini Program PAMSIMAS memasuki fase ketiga (PAMSIMAS III) yang dilaksanakan pada kurun waktu 2016-2020, dan akan menyasar 15.000 desa sasaran baru serta mengelola keberlanjuran program di hampir lebih dari 27.000 desa peserta PAMSIMAS di seluruh Indonesia.

TUJUAN Pamsimas Meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) dan Universal Akses 2030 melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Desa Tambak Rejo, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, mendapatkan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) pada tahun 2020 di keluhkan masyarakat lantaran sampai kini, blm rampung, sedangkan masyarakat sangat berharap untuk mendapatka sarana air bersih.

Menurut data dan informasi yang dihimpun awak media proyek berbasis kemasyarakatan yang menelan anggaran ratusan juta yang bersumber dari APBN, APBDes dan kontribusi masyarakat tahun anggaran 2020 dengan waktu kerja 120 hari kalender, namun hingga Afril 2021 proyek tersebut belum selesai dikerjakan oleh pelaksana yaitu kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) Desa Tambak Rejo.

Menurut masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya saat dibincangi media menuturkan, “seharusnya pekerjaan proyek Pamsimas ini sudah selesai kalau kita lihat kalender pekerjaan pada tahun 2020 kami masyarakat disini bingung kenapa tak selesai-selsai bangunan ini,” ucapnya.

Terpisah waktu di komfirmasi Camat Kecamatan Padang Jaya melalui pesan singkat WhatsApp, tentang Kendala pembangunan
Pamsimas desa tambak Rejo, belum selsai sampai kini

,” Di pengeboran pak,
Belum mendapatkan air, sampai kedalaman 25 meter, airnya bau,
Coba konfirmasi ke desa pak, Karena saya masih pelatihan sampai bulan depan,” ujar buk camat

Redaksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peresmian Kantor Bank Mandiri Taspen KCP Arga Makmur

Bintang.Media Argamakmur – Bank Mandiri Taspen KCP Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu, Bengkulu, akan terus berkomitmen memberikan ...