Aliansi : Menilai DPUPR Kabupaten Bengkulu Utara raport Merah.

 

BINTANG.MEDIA, Bengkulu Utara 5/04/2021-
Rozi HR Ketua Aliansi LSM BU waktu di kunjungi oleh awak media di sekretariat Aliansi menyatakan,
Kinerja kepala Dinas DPUPR Kabupaten Bengkulu Utara masih sangat minim dan buruk dalam pengelolaan anggaran sehingga jauh dari efektif dan efisiensi.

Berdasarkan hasil pemantauan Rozi HR ketua Aliansi LSM-Bengkulu Utara menyebutkan Dinas DPUPR Kabupaten Bengkulu Utara raport merah bukan tidak mendasar, pantauan Aliansi LSM-Bengkulu Utara pada tahun 2019 DPUPR Kabupaten Bengkulu di duga telah melakukan kecurangan serta ketidakpatutan yang berpengaruh langsung terhadap penyajian laporan keuangan Daerah.

Pada tahun 2019 DPUPR kabupaten Bengkulu Utara terdapat kelebihan pembayaran lima paket pekerjaan sebesar Rp 681.224.372,63. Dan Realisasi pembayaran biaya langsung personil atas belanja pengawasan yang tidak sesuai ketentuan sebesar Rp 279.710.563,94. Kondisi tersebut tidak sesuai dengan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan Barang/jasa pemerintah karena semua pihak yang terlibat dalam pengadaan Barang/jasa harus mematuhi etika untuk menghindari dan mencegah terjadinya pemborosan dan kebocoran keuangan Daerah, menghindari dan mencegah penyalahgunaan wewenang dan/kolusi, karena pembayaran harus berdasarkan pengukuran bersama atas realisasi volume pekerjaan berdasarkan perundang undangan, untuk menghindari kecurangan serta ketidakpatutan yang berpengaruh langsung dan material terhadap penyajian laporan keuangan.

Dalam hal ini ketua Aliansi LSM-Bengkulu Utara meminta kepada Bapak Bupati Bengkulu Utara segera menginstruksikan kepala Dinas DPUPR Kabupaten Bengkulu Utara memproses kelebihan pembayaran dana konsultasi dan kelebihan pembayaran lima paket proyek di kembalikan ke kas Daerah, karena hal ini berakibat patal dalam pengelolaan keuangan Daerah, sehingga mencerminkan dampak2 negatif di kalangan masyarakat, pemerintah pusat dan maupun Daerah.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkulu Utara, Heru Susanto. ST
Di Konfirmasi melaui pia whatsaap (wa) sampai berita ini di terbitkan belum ada jawaban.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tersangka Pengeroyokan Ahirnya di Jebloskan di Jeruji Polres BU

BINTANG.MEDIA, Bengkulu Utara– Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bengkulu Utara Polda Bengkulu, ...