Musrenbang Dan Penyusunan RKPD Tahun 2020 Kabupaten Kaur

 

Bintang.Media Kabupaten Kaur-  Dalam hal ini Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur hari ini melaksanakan Musrenbang 2021 ditingkat Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022 di Gedung Serba Guna (GSG )Pemda Kaur Padang Kempas Kamis 25/3/2021

Hadir dalam acara Musrenbang kali ini Bupati Kaur yang diwakili oleh asisten ll Buyung Wiadi
Dalam sambutan Bupati Kaur yang di sampaikan oleh asisten ll ada 5 pilar yang menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Kaur pada tahun 2022 mendatang yakni :
1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia, 2.Pembangunan infrastruktur, 3.Pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan 4.Peningkatan kuantitas dan kualitas layanan dasar 5.Reformasi birokrasi.

Musrenbang yang di selenggarakan ini sangatlah penting, karena melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman,penyelarasan dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Kaur Tahun 2022

Sesuai dengan tema Musrenbang kali ini pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi yang didukung pemanfaatan infrasturuktur dan unggul potensi lokal.Untuk itu saya berharap kepada instansi vertikal dapat memperkuat sinergitas dengan Pemda Kaur agar pembangunan ini terlaksana dengan baik

Selain Pejabat di lingkungan Kabupaten,hadir juga Gubernur Bengkulu yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi, Keuangan, dan BidangPembangunan.

Dalam sambutan Gubernur Bengkulu yang di sampaikan oleh Dr Soemarno Pemprov Bengkulu sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Kaur yang telah banyak meraih prestasi dan keberhasilan dalam pembangunan daerah. Ia berharap Kabupaten Kaur ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi.

Atas Nama Gubernur Bengkulu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah kabupaten Kaur. Berkat kerja sama yang baik selama ini pemerintah Provinsi Bengkulu sukses dan berhasil menjalankan program kerja yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkannya, sebagai bentuk penghargaan dan dukungan untuk pembangunan di Kabupaten Kaur, pemerintah Provinsi Bengkulu melalui APBN telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 85.635.698.300 untuk pelaksanaan pembanguna pada satuan kerja kementerian maupun alokasi dana tugas pembangun. Selain itu juga Pemerintah Provinsi Bengkulu mengalokasikan dana melalui APBD sebesar Rp 30.244.944.469 untuk pelaksanaan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi di Kabupaten Kaur.

Dengan jumlah anggaran tersebut pemerintah Kabupaten Kaur diharapkan mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteran masyarakat dan menjawab permasalahan pembangunan yang ada di Kabupaten Kaur. Dari hasil Musrenbang Kabupaten yang ditetapkan, dapat dianalisa bahwa penetapan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) merupakan hasil rangkuman dan penyempurnaan dari prioritas kegiatan pembangunan dari tiap kecamatan, serta menetapkan anggaran untuk prioritas kegiatan tersebut berdasarkan Rencana Kerja tiap-tiap SKPD.

Penetapan arah kebijakan pembangunan semuanya tertuang dalam hasil Musrenbang tingkat Kabupaten yang berupa Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Tujuan perencanaan pembangunan tahunan daerah adalah untuk : 1. Terwujudnya pencapain visi dan misi daerah. 2. Terwujudnya integrasi, sinkronisasi dan sinergitas pembangunan baik antar daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintahan maupun antar tingkat pemerintahan . 3. Terwujudnya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan. 4. Mengoptimalkan partisipasi dan dunia usaha, serta 5. tercapainya pemanfaatan sumberdaya secara efisien,efektif, berkeadilan dan berkelanjutan. Perencanaan pembangunan tahunan daerah sebagaimana tersebut diatas dilaksanakan dengan berdasarkan jadwal yang terintegrasi sesuai dengan system perencanaan pembangunan nasional

 

Pewarta : Marzan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tersangka Pengeroyokan Ahirnya di Jebloskan di Jeruji Polres BU

BINTANG.MEDIA, Bengkulu Utara– Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bengkulu Utara Polda Bengkulu, ...