Moment Kopi Morning, Kades Sampaikan Keluhan Dan Keresahan

bint4ng.medi4 Pemerintah Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara, gelar Caffee Morning bersama Kapolsek, Danramil, dan segenap Kepala Desa, serta Pengurus Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (A-LSM) Bengkulu Utara selaku tamu undangan, bertempat di Kantor Camat setempat, Senin (27/7/2020).

Kegiatan Caffee Morning yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Camat kecamatan Air Besi, Ajiansyah itu, bertujuan untuk membangun sinergitas yang baik antar semua element masyarakat.

Pada kesempatan itu, Camat Kecamatan Air Besi, Ajiansyah, meminta kepada pihak Aliansi LSM Bengkulu Utara untuk menyampaikan Tugas dan Fungsi dari LSM, relevan dengan Sub Bidangnya, serta meminta kepada para Kades untuk menyampaikan keluhan dan kerehannya dalam bekerja, terkait banyaknya oknum-oknum LSM mendatangi mereka, yang tidak tepat pada waktunya, serta seolah-olah menjadi pihak berkompeten, sehingga menimbulkan kesan momok menakutkan. Padahal pada prinsipnya tugas dan fungsinya adalah sebagai fungsi kontrol yang profesional.

Menanggapi hal itu, Ketua Aliansi LSM Bengkulu Utara, Rozi, HR, yang baru saja Satu Minggu dikukuhkan oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian tersebut, menyampaikan tidak perlu takut terhadap LSM,

“Saya berharap kepada seluruh Kepala Desa, tidak perlu takut dengan oknum-oknum LSM. Semua LSM itu baik, dan mempunyai Visi dan Misi yang jelas, meski memiliki perbedaan, baik latar belakang maupun Sub Bidangnya. Pada prinsipnya, LSM itu memiliki peran dalam mengawasi, serta dapat memberikan catatan positif kepada pemangku kebijakan dimasing-masing wilayah,” ungkapnya.

Selanjutnya, Rozi, HR juga mengemukakan akan segera menyampaikan data-data LSM yang tergabung di Aliansi LSM Bengkulu Utara kepada segenap pemangku kebijakan, dan akan mengevaluasi hasil dari pertemuan tersebut, sebagai bahan pembahasan di Kantor Aliansi nantinya.

Disamping itu, Rozi, HR juga berharap agar kiranya pertemuan-pertemuan seperti tersebut, dapat terus dilakukan guna mempererat tali silaturrahmi dan sinergitas antar lembaga dengan pemangku kebijakan, sehingga program-program yang ada dapat berjalan sesuai amanah,

“Sinergitas antara Pemerintah dan LSM sangat diperlukan untuk menyatukan visi dalam membantu masyarakat, agar terhindar dari kegaduhan yang acapkali terjadi karena terputusnya komunikasi antara warga dan aparaturnya,” ujarnya.

Disisi lain, masih menurut Rozi, HR, bahwa sebagai bentuk kinerja nyata bersama, pihak Aliansi LSM Bengkulu Utara telah dilibatkan oleh segenap aparatur desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, dalam rangka turut melakukan pengawasan sesuai dengan tugas dan fungsi kontrolnya,

“Sesuai dengan tugas dan fungsi kontrol, kami turut melakukan pengawasan, serta berupaya menjalin komunikasi yang baik kesemua pihak, dan memberikan edukasi serta pemahaman kepada warga dan pemangku kebijakan agar berjalannya roda pemerintahan (Good governance clean government),” jelasnya.

{Tarmizi}.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gelar Aksi Damai, Pegiat Seni Bengkulu Utara Minta Dicabut SE Tentang Larangan Musik Atau Hiburan

bint4ng.medi4 – Persatuan Pekerja Seni Bengkulu Utara (PPSBU), gelar Aksi Damai di ...