Cuitan Serta Saling Balas Comment Di Medsos Yang Dilaporkan Ke Polres, Berakhir Damai

bintang.media – Akibat cuitan serta saling balas comment di Media Sosial, menanggapi pemberitaan disalah satu media On Line Kabar Daerah (beberapa waktu lalu), yang telah membuat ketersinggungan pihak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Bengkulu Utara, sehingga berujung keranah hukum Polres Bengkulu Utara, dengan isi laporan pencemaran nama baik, akhirnya kini ‘Berdamai’, Selasa (19/5/2020).

Pada kesempatan itu, kepada awak media seusai lakukan perdamaian, Ketua Aliansi LSM BU, Rozi, HR, mengingatkan agar berhati-hati dalam kehidupan sosial manusia di era internet ini, yang dapat dikatakan semakin mudah,

“Keberadaan media sosial dalam genggaman, membuat interaksi antara satu orang dengan yang lainnya bak tidak terpisahkan oleh jarak. Jarak ribuan kilometer yang memisahkan bukanlah penghalang bagi manusia untuk saling terhubung satu sama lainnya, apa lagi populasi Indonesia yang kini mencapai 265,4 juta jiwa, setengah di antaranya telah menggunakan internet,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan pesatnya penggunaan media sosial, telah mempengaruhi cara berpikir kita terhadap teman, kenalan, serta orang asing,

“Selama ini kita memiliki jaringan sosial yang terdiri atas keluarga dan teman dalam lingkaran sosial. Kehadiran media sosial dalam lingkup teknologi membuat jaringan sosial tersebut menjadi membesar serta berbeda dibanding sebelumnya. Media sosial membuat orang “masuk” ke dalam jaringan tersebut dengan cara yang sangat mudah dan cakupan yang lebih luas. Salah satu perbedaan terbesar antara jaringan sosial tradisional dengan media sosial adalah batasan-batasan antara ruang privat dengan publik, antara sekolah dengan rumah atau pekerjaan dengan rumah, menjadi kabur. Yang pasti adalah, kita sedang menghadapi masalah perubahan pola interaksi sosial antar masyarakat melalui media sosial. Kita sedang dalam masa transisi pola interaksi sosial itu, hendaknya lebih berhati-hati,” jelasnya.

(Tarmizi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemdes Bukit Makmur Salurkan BLT-DD Dan Lakukan Titik Nol Pemasangan Lampu Jalan

bintang.media – Pemerintah Desa Bukit Makmur, Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Provinsi ...