Diimbau Bayar Zakat Diawal Bulan Ramadhan, Berikut Ini Ketentuan Dari Kemenag

8int4ng.medi4 – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, tetapkan ketentuan pembayaran Zakat Fitrah untuk tahun 1441 H/2020 M, yaitu berupa Beras sebanyak 10 Canting/2,5 Kg per jiwa atau bila dikonversi dengan uang, maka nilainya terbagi atas dua kategori. Pertama, kategori 1 (yang mengkonsumsi beras kualitas super seperti Manggis dan sejenisnya) Rp.33.000,- per jiwa. Kedua, kategori 2 (yang mengkonsumsi beras dengan kualitas sedang seperti IR 64 dan sejenisnya) Rp.25.000,- per jiwa.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S.Ag.,MH, melalui Surat Edarannya bernomor B-0774/KK.07.02.5/03.2/04/2020, tertanggal 23 April 2020, perihal ketentuan pembayaran Zakat Fitrah tahun 2020, yang ditujukan kepada para Amilin/Unit Pengumpul Zakat Se-Kabupaten Bengkulu Utara, dengan tembusan disampaikan keberbagai pihak.

Hal ini juga berdasarkan tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Agama RI, bernomor 8 Tahun 2020, tentang Percepatan Pembayaran Dan Pendistribusian Zakat Serta Optimalisasi Wakaf sebagai Jaring Pengaman Sosial dalam Kondisi Darurat Kesehatan Covid 19, dan berdasarkan hasil Rapat Penentuan Zakat Fitrah yang dilaksanakan pada hari Rabu (22/4/2020), bertempat di Aula Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara.

Disamping itu, didalam Surat Edarannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S.Ag.,MH, juga menyampaikan imbauan bahwa untuk membantu para Fakir-miskin, dan masyarakat yang terimbas Covid 19, maka kepada seluruh ummat muslim di Kabupaten Bengkulu Utara, agar membayar Zakat Fitrah pada awal bulan Ramadhan, serta dalam rangka menghindari pengumpulan orang banyak, Panitia Pengumpul Zakat Fitrah/Amilin yang berada dilingkungan Masjid/Musollah, untuk melakukan penyaluran Zakat Fitrah secara langsung kepada Mustahik/penerima (diantar kerumah).

Disisi lain, Kakan Kemenag juga menyampaikan bahwa untuk pembayaran Zakat Mal/Zakat Harta, dilakukan diawal bulan Ramadhan, bila sudah mencapai Nisab, meskipun belum mencukupi haul/akhir tahun.

(E**).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemdes Bukit Makmur Salurkan BLT-DD Dan Lakukan Titik Nol Pemasangan Lampu Jalan

bintang.media – Pemerintah Desa Bukit Makmur, Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Provinsi ...