Sosialisasi Dapodik, Ketua MKKS SMA BU ‘Dapodik Merupakan Sumber Data Utama Pendidikan Nasional’

bintang.media – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Atas (SMA), bersama MKKS Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Bengkulu Utara, selenggarakan Sosialisasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), bertempat di Aula Gedung Pertemuan SMKN 2 Bengkulu Utara, Kamis (5/3/2020). 

Sosialisasi Dapodik, selain dihadiri Ketua MKKS SMA BU, Drs. Kaman, dan Ketua MKKS SMK BU, Firdaus, S.Pd.,M.Pd, hadir pula segenap Kepala Sekolah SMA-SMK Se-Kabupaten Bengkulu Utara, serta dari Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu yang diwakili Kepala Sub Bagian Perencanaan (Kasubbag Perencanaan), Rainer Atu, SE.,SMM, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bengkulu Utara, Ir. M. Soleh.

Pada kesempatan itu, Ketua MKKS SMA, Drs. Kaman, menyampaikan bahwa Dapodik adalah sistim pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Sedangkan tujuan dari diadakannya sosialisasi, masih menurut Kaman, adalah untuk mensinkronisasikan dan memvalidasikan Dapodik, agar Dapodik bagus sehingga program-program sekolah dapat berjalan dengan baik, baik yang berhubungan dengan kesiswaan, tenaga pendidik, personalia, maupun sarana dan prasarananya.

Disisi lain, senada dengan yang disampaikan Ketua MKKS SMA BU, Drs. Kaman, Kacabdin Wilayah Bengkulu Utara, Ir. M. Soleh, juga menyampaikan bahwa masih banyak SMA-SMK yang perlu diperbaiki, baik sarana dan prasarana gedung, maupun lainnya,

“Kepada para Kepala Sekolah, segeralah perbaiki Dapodiknya, biar bisa disinkronkan,” ujarnya.

Disamping itu, M. Soleh berharap pada pihak Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, melalui Kasubbag Perencanaan, untuk di akomodir, supaya sekolah-sekolah yang ada sesuai dengan yang diharapkan.

(Tarmizi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

MAIYANI, S.Pd, Sosok Kepalah Sekolah yang Enerjik, Membuat Dia Disenangi Banyak Guru dan Bawahanya

Bintang.Media Argamakmur–Protokol kesehatan di sekolah merupakan aturan untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit ...