Gelar Rapat Kerja, Komisi II DPRD BU Bahas Tuntutan 3 Desa Terhadap PT.Pamor Ganda

8int4ng.medi4 – Komisi II, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bengkulu Utara (DPRD BU), gelar Rapat Kerja dengan agenda pembahasan tentang laporan dan tuntutan 3 desa penyangga (Air Petai, Karang Pulau, Karang Tengah) terhadap aktivitas pihak PT. Pamor Ganda, bertempat diruang komisi DPRD setempat, Rabu (4/3/2020).

Rapat dipimpin dan dibuka secara langsung oleh Ketua Komisi II, Hendri Sahat MS, dengan didampingi wakil serta sekretarisnya, Sudarman, dan Edi Putra, beserta segenap anggotanya, juga dihadiri pihak eksekutif, Asisten 1 Setdakab BU, Dullah, Dinas Perkebunan, Badan Pertanahan Nasional, dan dari pihak PT. Pamor Ganda, serta perwakilan dari 3 desa dalam wilayah Kecamatan Putri Hijau.

Dalam rapat, dibahas tentang tuntutan dari 3 desa penyangga terhadap pihak PT. Pamor Ganda, yaitu pengembalian lahan desa yang masuk HGU, meminta untuk diberikan kompensasi bagi yang terkena dampak atas beroperasinya perusahaan, meminta pihak perusahaan untuk menyediakan lahan kas desa seluas 10 Hektar, serta membebaskan kiri-kanan jalan dalam HGU. Juga meminta DPRD BU dan Pemerintah Daerah untuk dapat memfasilitasi permasalahan sosial yang ada diwilayah PT. Pamor Ganda.

“Sudah beberapa kali pihak kita mengajak untuk musyawarah dengan pihak PT. Pamor Ganda, hingga kini tidak pernah di tanggapi. Dengan tidak adanya tanggapan dari PT. Pamor Ganda, kami melayangkan surat kepada Pemerintah Daerah, DPRD dan BPN, untuk dapat mencari solusinya,” jelas dari perwakilan 3 desa.

Disisi lain, menanggapi hal tersebut, Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian melalui Asisten I, Dullah mengatakan, Pemerintah Daerah ‘Siap’ memfasilitasi apa yang menjadi keinginan dari masyarakat di 3 desa penyangga. Namun intinya, yang diinginkan oleh 3 desa peyangga adalah solusi untuk membangun dan meningkatkan ekonomi masyarakat,

“Beberapa tuntutan yang telah disampaikan oleh 3 perwakilan desa ke pihak PT. Pamor Ganda, harus didukung dengan data dan bukti administrasi yang jelas,” jelas Dullah.

Sementara itu, Ketua Komisi II, Hendri Sahat MS, menyampaikan bahwa apapun aspirasi dan keluhan yang disampaikan oleh warga masyarakat terhadap PT. Pamor Ganda, akan ditampung, dan hasilnya kedua belah pihak sepakat untuk ditindak lanjuti,

“Iya, hasil Rapat Kerja hari ini, kedua belah pihak antara PT. Pamor Ganda dengan 3 desa, sepakat untuk di tindak lanjuti, melalui pertemuan dalam mencari solusi serta kesepakatan,” ujar Ketua Komisi II.

(Tarmizi/ADV).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

MAIYANI, S.Pd, Sosok Kepalah Sekolah yang Enerjik, Membuat Dia Disenangi Banyak Guru dan Bawahanya

Bintang.Media Argamakmur–Protokol kesehatan di sekolah merupakan aturan untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit ...