Ditemukan Kayu Meranti Tak Bertuan, Polres Muko-Muko Lakukan Penyelidikan

bintang.media – Puluhan meter kubik kayu kelas Meranti, terdiri dari ratusan batang kayu balok kaleng beserta 1 unit mesin Circular Saw atau mesin Serkel Kayu, yang diduga ilegal dan belum diketahui tuannya, berhasil diamankan jajaran Polres bersama tim KPHP Muko-muko serta anggota, di Desa Aur Cina, Kecamatan Selagan Raya, Senin (6/1/2020).Kayu yang diamankan itu, ditemukan tim saat sedang melakukan penelusuran atas bencana banjir di wilayah setempat, pertengahan Desember tahun lalu.

Kini, seluruh kayu sudah diamankan di Mapolres Muko-muko. Dan pihak Mapolres sendiri tengah melakukan penyelidikan, siapa pemilik dan pengelola kayu tersebut.

“Kita bersama tim dari Polres Muko-muko, Polsek Teras Terunjam, dan juga KPHP berhasil mengamankan kayu di wilayah Kecamatan Teras Terunjam. Dan kami masih melakukan penyelidikan siapa pemiliknya,” ungkap Kapolres Mukomuko, AKBP. Andy Arisandi, SH, S.IK, MH pada Press Release, Rabu (8/1/2020) bertempat di Mapolres setempat.

Kemudian, Kapolres juga meminta dukungan penuh tim dan juga masyarakat. Pelaku yang terbukti melakukan pembalakan liar serta illegal logging, bakal dijerat Undang-undang RI, nomor 18 Tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala KPHP Kabupaten Mukomuko, M Rizon turut membenarkan telah diamankan kayu yang diduga ilegal. Menurutnya, posisi asal muasal kayu diperkirakan dari kawasan HPT Air Manjuto atau TNKS.

(Kontributor, Yadie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Banjir Hadiah, Vaksinasi Dipadati Ratusan Warga Kecamatan Lais

  Bintang.Media Bengkulu Utara – Vaksinasi bertabur hadiah yang digelar Pemerintah Kabupaten Bengkulu ...