Spesialisasi Pendidikan, Dan Uji Kompetensi Masih Perlukah?

Detak Bengkulu.Com Biasanya, masalah spesialisasi pendidikan dan uji kompetensi sangatlah relevan serta identik dengan bakal ditempatkannya seseorang dalam menduduki posisi jabatan dibirokrasi, melalui sistim pelelangan yang diadakan oleh pemerintah.

Sangking pentingnya, tidak sedikit para ASN tidak bisa mengikuti pelelangan jabatan dikarenakan spesialisasi dan kompetensinya tidak relevan atau tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh undang-undang.\,

Lalu, apa jadinya jikalau seseorang sebelumnya dengan bersusah payah, rela mengorbankan segalanya demi mengejar karier dan jabatan, sampai berhasil mendudukinya. Namun dalam perjalanannya harus tergantikan oleh mekanisme yang namanya “Mutasi” dengan alasan untuk penyegaran birokrasi, meski yang ditunjuk tersebut, tidak melalui prosesi yang sebenarnya alias tanpa harus bersusah payah mengikuti jalur pelelangan jabatan. Alasannya “Amanah”.

Parahnya, ternyata spesialisasi dan kompetensi seseorang, bukanlah lagi menjadi hal yang sakral. Kedudukan, kewenangan, hak priogratif, dan kebutuhan organisasi guna peningkatan kinerja menjadi alasan utama dalam penentuan kebijakan.

Tidak aneh, jika banyak ASN tidak diberdayakan, dan tidak memiliki posisi sama sekali dalam induk organisasinya, karena telah tergantikan oleh para tenaga honorer, yang seharusnya tidak bisa menempati posisi-posisi strategis dalam birokrasi.

Jadi, jangan terlalu disalahkan jika banyak ASN menganggur, bahkan sampai makan gaji buta. Sebaliknya, tidak kaget kalau ditemui adanya honorer berani memerintah ASN, bahkan gaya hidupnya bisa dikatakan melebihi para ASN yang memiliki pangkat.

Hal lainnya, tidak mustahil jika ditemui adanya seseorang yang menduduki jabatan tertentu, tapi spesialisasinya tidak sesuai dengan bidangnya, seperti seorang Sarjana Ekonomi malah mengurusi bidang Pemerintahan, Kepegawaian, dan Pendidikan. Sarjana Pendidikan mengurusi masalah Permodalan atau bahkan Pariwisata, Sarjana Kesehatan Masyarakat mengurusi tentang Inspeksi, Investigasi dan Kebakaran, serta masih banyak lainnya.

Ini hanya sekelumit saja, dan hanya sebagai bahan renungan. (E. Bas Star=y).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Disinyalir Gaji Sekitar 10 Bulan Belum Dibayar, Karyawan Perusahaan Perkebunan Gelar Orasi

bint4ng.medi4 – Sejumlah karyawan pada salah satu Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit didalam ...